Sabtu, 25 Februari 2012

Sarambu Assing Bittuang Tana Toraja - Natural Waterfall

Talk about Tana Toraja, yang akan terlintas di benak kebanyakan orang adalah "kekayaan dan keunikan budaya". Tradisi masyarakat dalam bentuk Upacara Rambu Tuka', Rambu' Solo', maupun seni ukir Toraja adalah budaya yang menarik banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri untuk mengunjungi daerah ini. Namun sebenarnya, selain kekayaan budaya yang dimiliki Toraja, daerah ini juga punya banyak objek wisata alam yang belum begitu dikenal di luar. Salah satu diantaranya yang masih sementara dalam proses pengembangan oleh pemerintah setempat adalah air terjun yang dikenal dengan nama "Sarambu Assing". For your information "Air terjun" dalam bahasa Toraja disebut "Sarambu".

Terletak di Kecamatan Bittuang (sekitar 40 km dari Kota Makale, ibukota Tana Toraja), Sarambu Assing menawarkan pesona keindahan alam yang natural. Dikelilingi gunung dan tumbuh-tumbuhan yang hijau, Sarambu Assing ini masih tergolong virgin. Pemerintah Tana Toraja pun sementara membuka dan mempermudah akses jalan menuju tempat ini dengan harapan jumlah wisatawan akan meningkat jumlahnya dan tidak menutup kemungkinan objek wisata alam Sarambu Assing suatu saat akan se-tenar wisata budaya yang ada di Tana Toraja.
Sarambu Assing dari kejauhan 

Kec. Ulusalu, setengah perjalanan menuju Kec. Bittuang
Perjalanan yang ditempuh dari Makale ke Bittuang tergolong cukup melelahkan, dengan mengendarai sepeda motor sekitar 2 jam untuk mencapai daerah ini. Dengan kendaraan roda 4 kemungkinan waktu tempuhnya malah bisa jadi lebih lama. Tapi rasanya semua terbayarkan dengan keindahan alam dan sejuknya udara sepanjang perjalanan.
 





Untuk menuju ke lokasi air terjun, perjalanan harus ditempuh dengan berjalan kaki dikarenakan kondisi medan yang belum memungkinkan untuk dilalui oleh kendaraan terutama saat musim hujan.
. 
Jalan menuju Sarambu Assing setelah parkir kendaraan

Setelah berjalan kaki sekitar 20 menit, harus nyebrang sungai lagi. Yuuukkk mareeeeee 
Neh gambar sungai yang mesti disebrangi menuju lokasi air terjun
Setelah menyebrangi sungai, ada jalan setapak lagi yang harus dilewati, dengan sedikit mengeluarkan kemampuan panjat memanjat walaupun tidak terjal seperti mendaki gunung Himalaya hehehe. 
Kurang lebih jarak tempuh yang harus dilalui dengan berjalan kaki menuju lokasi air terjun sekitar 3-4 km dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit. Waktu tempuh bisa lebih lama untuk perjalanan pulang dari lokasi air terjun karena banyaknya tanjakan.Tapi jangan khawatir, selain jalannya gak terjal-terjal amat, akses jalan juga sementara dirintis dengan harapan wisatawan yang mau mengunjungi Sarambu Assing bisa parkir kendaraan sebelum menyebrangi sungai sehingga mempermudah untuk menjangkau tempat ini nantinya.

Kelelahan sepanjang perjalanan akan terobati begitu memasuki tempat yang dituju. Here it is "SARAMBU ASSING". Diperkirakan ketinggian air terjun ini sekitar 70 meter. Percikan air yang jernih dan sejuk didukung dengan alam sekitar yang begitu indah, mampu melenyapkan kepenatan dan membuat hati semakin kagum akan indahnya alam yang diciptakan Tuhan. Great is the Lord!



puncak sarambu Bittuang


aliran air Sarambu Assing di antara bebatuan
*****WELCOME TO SARAMBU  ASSING - BITTUANG TANA TORAJA*****

5 komentar:

Calista mengatakan...

selamat atas bog barunya nel...
ceritain juga soal jalan2 kita setahun yg lalu hehehehe....

Helda Nelvia mengatakan...

tengkiyu Lista... yang kapan hari itu ada di blog satunya kok : enelicious.blogspot.com hehehehe

Alannobita mengatakan...

klo ingin kesini harus sewa motor y mba? dr kota Rantepao air terjunnya bagus ^^

Helda Nelvia mengatakan...

Kalo dari makale mesti naik kendaraan, cuma ada beberapa tempat yang kalo pas hujan motor pun susah lewat jadi kudu jalan kaki... Ini bukan di kota Rantepao tapi Bittuang Tana Toraja. Tempatnya masih tergolong virgin n sementara memang udan dirintis jalur kendaraan menuju lokasi untuk mempermudah pengunjung nantinya... Yookkk jalan2 ke tana toraja bro

triFA RADHA mengatakan...

ini kampung halaman saya, yang berminat ke lokasi terutama yang dari luar sulsel bisa menghubungi saya di 082343677777, saat ini jalanannya sdh baikan sudah di lakukan betonisasi..mariiii